Kamis, 20 Maret 2014

Karakter Topeng Malang

Malang - Sekarang ., kami mau membahas tentang karakter topeng malangan .. Yaitu ada Panji , Dewi Sekartaji , Bapang , Gunung Sari , dan juga Klana .., satu-satu yaa .. Yang pertama ada Panji Asmoro Bangun .. 


Kalo di tokoh wayang jawa pada umumnya yag menjadi tokoh sentralato pahlawan adalah Gatot Kaca....nah klo di topeng Malangan tokoh super hero-nya adalah Prabu Asmara Bangun. Cerita topeng Wayang-an kebanyakan adalah tokoh kepahlawanan ato panji...yang ni salah satu panji yang ada...jadi masih banyak panjipanji yang lain... Sifat Panji Asmara Bangun sendiri adalah bijaksana, baik, suka menolong, jujur, ikhlas, hebat...hehehe...mantap dech yang ni...oiya...Prabu Asmara Bangun juga merupakan suami dari Dewi Sekar Taji yang terkenal cantik...

Yang Kedua ada Dewi Sekar Taji ,
Suit...suit...yang ni sangat cantik, molek, komes.....tokoh perempuan yang melambangkan keindahan wanita ada pada Dewi Sekartaji...Dewi Sekartaji memiliki sifat yang baik, cerdas, suci, lugu hmmm....sip dech yang ni...jadi cocok lah menjadi istri Panji Asmara Bangun.

 

Yang ketiga ada Bapang

Salah satu tokoh jahat yang suka mengganggu Prabu Asmara Bangun...Bapang adalah teman dari Kelono Sewandono tokoh jahat juga....tapi Bapang adalah tokoh jahat yang berkarakter lucu...dia juga tukang tipu dan hasut...makanya dilambagkan berhidung panjang seperti sinderela...(eh..salah...pinokio) 

Lalu ada Klana juga ..
yang terakhir ada gunung sari


 

1 komentar: